PELATIHAN VIRTUAL KEMAH BUDAYA KAUM MUDA TINGKAT NASIONAL 2020

PELATIHAN VIRTUAL KEMAH BUDAYA KAUM MUDA TINGKAT NASIONAL 2020

Oleh: Lydia Putri.P

Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) merupakan program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang diadakan setiap tahun. Kegiatan KBKM ini adalah bentuk dan rencana pemajuan kebudayaan yang menghimpun kaum muda yang berusia 18 s.d. 25 tahun dengan memanfaatkan kekayaan wawasan di bidang STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dan Revolusi Industri 4.0. Lewat kerja kelompok yang beranggotakan 3-5 orang ini diharapkan akan muncul ide-ide dan inovasi dari kalangan kaum muda terkait objek pemajuan kebudayaan.

Kompetisi KBKM ini para peserta dibagi menjadi beberapa region dan juga dibagi dalam 2 kategori yaitu kategori Prakarya dan kategori Aplikasi. Satu tim dari program studi Teknik Kimia Unimuda Sorong dengan nama tim “Santik Unimuda” yang juga mewakili Region Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua di kategori Prakarya dan lolos ke tingkat Nasional dengan menduduki peringkat kedua. Kegiatan KBKM Nasional ini seharusnya dilaksanakan secara luring di Jakarta namun karena pandemik Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia, maka para panitia memutuskan untuk melaksanakan kegiatan pelatihan secara virtual kepada para finalis mulai dari 14 September – 29 Oktober 2020. Adapun materi pelatihan virtual ini yaitu tentang kebudayaan dan pendampingan substansi/teknis. Pada 20 September 2020, diadakan pertemuan pertama antara para finalis tingkat Nasional di kategori Prakarya dengan para fasilitator. Materi yang disampaikan kemarin mengenai progress karya dan juga tentang pemajuan kebudayaan yang disampaikan oleh Kak Berto Tukan, Kak Martin Suryajaya, dan Kak Dirdho Adithyo.

Untuk timeline selanjutnya setiap minggu para finalis diwajibkan untuk melaporkan tingkat perkembangan (progress) karyanya. Rencana selanjutnya yaitu Workshop KBKM tingkat Nasional, Pameran dan Penjurian dimana pada saat ini karya peserta akan dinilai lalu akan dipertemukan dengan calon orang tua asuh (investor), dan Malam Puncak sekaligus pemberian anugrah kebudayaan yang akan dilaksanakan secara luring di Pusdiklat Kemendikbud/Hotel pada bulan November mendatang.