ROTARY EVAPORATOR

ROTARY EVAPORATOR

Oleh: Suhria Heremba (Mahasiswa Teknik Kimia)

Rotary evaporator sangat erat hubungannya dengan proses evaporasi. Alat tersebut terdiri dari dua suku kata, yakni :

Rotary bisa diartikan berputar atau berotasi, Evaporator mengacu pada alat yang digunakan unutk proses evaporasi (penguapan)

Rotary evaporator adalah alat laboratorium yang memiliki fungsi untuk suatunpelrut (solvent) dari sebuah larutan, sehingga akan mengahsilkan ekstrak dengan kandungan atau konsentrasi lebih pekat atau sesuai kebutuhan. Jenis evaporasi sendiri terbagi menjadi dua, yaitu alami dan buatan. Proses avaporasi buatan dilakukan dengan cara menguapkan sebagian dari pelarut pada titik didihnya, sehingga dibuat larutan pekat yang konsentrasinya lebih tinggi. Dalam proses evaporasi, larutan pekta merupakan produk yang diharapkan sebagai hasil, sedangkan uapnya biasanya dibuang. Dapat disimpulkan bahwa rotary evaporator merupakan alat yang digunakan untuk membuat proses evaporator.

Tujuan proses evaporasi adalah memekatkan larutan atau cairan sehingga didapatkan larutan dengan konsentrasi yang lebih tinggi. Fungsi rotary evaporator juga sering disebut dengan proses pembuatan ekstrak. Hal-hal lain yang perlu diketahui adalah titik didih dari masing-masing pelarut, karena mempengaruhi aplikasi dan pengaturan suhu pada bak air.

PRINSIP KERJA ROTARY EVAPORATOR

Alat ini bekerja dengan energi listrik menjadi gerak dan energi panas. Energi panas diperlukan untuk memanaskan Chamber water bath, dan energi gerak untuk memutar (rotasi) labu alat bulat.

BAGIAN-BAGIAN ROTARY EVAPORATOR

  • Labu Alas Bulat : merupakan salah satu dari bagian pada rotary evaporator yang digunakan untuk mengisi larutan yang akan di evaporasikan. Bentuk labu ini memiliki alas bulat, karena akan direndam pada chamber water bath. Bagian mulut tabung ini memiliki bentuk khusus sehingga bisa dipasang pada unit utama yang berfungsi untuk memutar, namun tetap kedap udara.
  • Kamar Mandi Air : bagian ini digunakan untuk mengisi udara, dugunakan untuk memproses labu alat bulat. Bagian ini memiliki panel oprasional yang digunakan untuk pengaturan suhu ruang. Bentukny terkadang bulat, terkadang juga persegi sesuai dengan desain unit utama. Biasanya memiliki maksimal suhu dikisaran 95.
  • Labu Pelampung : memiliki nama lain labu penampung atau labu penerima. Merupakan wadah yang digunakan untuk menerapkan uap pelarut ynag menguap karena suhu atau proses yang dioperasikan diruang air. Proses pemasangan labu penampung ini biasanya menggunakan penjepit, sehingga mudah dilepas atau dipasang
  • Kondensor : Bagian pada rotary evaporator yang terbuat dari bahan kaca. Beberapa jenis memiliki bentuk spiral atau melingkar. Kondensor akan terhubung ke pompa vakum untuk menurunkan suhu uap sehingga bisa terjadi proses kondensasi dan tertampung dii labu pelampung.
  • Unit Utama : merupakan bagian uatama dari rotary evaporator, terdapat kerangka penyangga, panel operasional dan tuas-tuas lainnya yang dapat digunakan untuk pembantuan ketinggian handle labu alas bulat. Penel operasional pada unit utama dapat digunakanuntuk membantu suhu runag, ketinggian ataupun tekanan pompa vakum.    SUMBER:BERBAGAI SUMBER