WORKSHOP AKADEMIK DAN PENINJAUAN KURIKULUM, DOSEN TEKNIK KIMIA: WAJIB!

WORKSHOP AKADEMIK DAN PENINJAUAN KURIKULUM, DOSEN TEKNIK KIMIA: WAJIB!

Oleh: Maimunawaro

Seluruh sivitas akademika, termasuk dosen Program Studi Teknik Kimia UNIMUDA Sorong, mengikuti Workshop Akademik yang dimulai pada tanggal 13 hingga 18 September 2021. Workshop ini bertajuk ‘Pengembangan Kurikulum Pembelajaran UNIMUDA Sorong Berbasis Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka’. Kegiatan ini diselenggarakan di Meeting Room Gedung Mas Mansyur, yang bertujuan agar tercapainya kesamaan persepsi maupun implementasi seluruh fakultas hingga tingkat studi mengenai Kurikulum Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Total waktu pelaksanaan workshop ialah enam puluh jam. Selama dua puluh jam pertama, terhitung pada tanggal 13-14 September 2021, fokus kegiatan mengenai penyusunan kurikulum. Tanggal 15-16 September 2021, berfokus pada penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Terakhir, tanggal 17-18 September 2021, mengenai pembelajaran melalui E-Learning. Khusus untuk RPS, muatan ini merupakan salah satu tagihan utama minimal dalam standar nasional pendidikan, sesuai Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020, yakni standar minimal yang harus dipenuhi oleh dosen ketika akan melakukan proses belajar mengajar adalah menyusun rencana pembelajaran semester (RPS).

Salah seorang pemateri pada kegiatan ini ialah Drs. Ahmad, M.Pd., Ph.D. Beliau seorang dosen dari Universitas Muhammadiyah (UM) Purwokerto, yang telah menamatkan studi doktornya di Universitas Pendidikan Sultan Idris, Malaysia, pada Agustus 2018 lalu dengan spesifikasi bidang Pendidikan Matematika. Metode penyampaian beliau dalam workshop kali ini berupa penerapan metode-metode pembelajaran terintegrasi dengan pendekatan saintifik, sehingga penyampaian materi dari beliau sangat menarik dan mudah dipahami.

Selain Workshop Akademik, dosen-dosen Teknik Kimia juga mengikuti kegiatan tinjauan kurikulum Teknik Kimia sebagai tindak lanjut dari workshop tersebut. Tinjauan Kurikulum dilaksanakan pada tanggal 28-29 September 2021, yang mengundang empat orang pemateri dari Departemen Teknik Kimia program sarjana Universitas Gadjah Mada (UGM), yaitu Dr.-Ing. Teguh Ariyanto, S.T., M.Eng, Lisendra Marbelia, S.T., M.Sc., Ph.D., Prof. Ir. Hary Sulistyo, S.U., Ph.D., Ahmad Tawfiequrrahman Yuliansyah, S.T., M.T., D.Eng. Peninjauan kurikulum dilakukan dengan berpatokan pada kurikulum yang menjadi standar APTEKIM.

“Semoga dengan adanya kegiatan peninjauan kurikulum prodi ini khususnya Teknik Kimia, akan memberikan perbaikan ke depan, serta terlaksananya program kampus merdeka”, pungkas Nita Indriyani, peserta workshop dan tinjauan kurikulum sekaligus Kaprodi Teknik Kimia UNIMUDA Sorong.

Dokumentasi Tinjauan Kurikulum Prodi