Prodi Teknik Kimia Melakukan Kunjungan Industri Ke PT. Henrison Inti Persada Klamono

Prodi Teknik Kimia Melakukan Kunjungan Industri Ke PT. Henrison Inti Persada Klamono

Oleh: Muthmainah Ely

SORONG | Dalam rangka memperkenalkan industri kelapa sawit kepada mahasiswa Program Studi Teknik Kimia dari Fakultas Sains dan Teknologi UNIMUDA Sorong,  pekan kemarin (25/11) kami melakukan studi lapangan (field trip) ke PT. Henrison Inti Persada (HIP) di Distrik Klamono, Kabupaten Sorong.

Rombongan mahasiswa prodi Teknik Kimia yang didampingi ketua program studi dan Dosen prodi disambut hangat oleh Pak Ishak selaku Asisten Manajer PT. Henrison Inti Persada (HIP) yang didampingi oleh beberapa staffnya. Dalam sambutan singkatnya, beliau menyampaikan bahwa tugas utama PT. Henrison Inti Persada (HIP) adalah membuat CPO (Crude Palm Oil) yang nantinya akan dikirim ke pabrik-pabrik minyak goreng untuk diproduksi lebih lanjut.

“Tugas utama kami yaitu memproduksi kelapa sawit menjadi CPO, lalu dikirim ke pabrik minyak goreng menggunakan kapal lewat Pelabuhan Arar.” Jelas, Pak Ishak, Asisten Manager PT. Henrison Inti Persada juga menyatakan  bahwa PT. Henrison Inti Persada (HIP) Klamono siap menampung jika kelak mahasiswa Program Studi Teknik Kimia UNIMUDA Sorong akan melakukan kerja praktik industri.

Sementara itu, Dosen Nita Indriyani M.T, saat memberikan sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini dapat dijadikan gambaran oleh mahasiswa tentang peluang kerja untuk lulusan teknik kimia. Selain itu, untuk kedepannya diharapkan adanya kerja sama antara UNIMUDA dan PT. Henrison Inti Persada (HIP) Klamono yang saling berkesinambungan, seperti melakukan field trip ini dan kerja praktik.

Dalam field trip ini, para mahasiswa sangat antusiasHal ini terlihat ketika sedang mendapatkan materi tentang alur proses produksi CPO, ketika penjelasan Safety Briefing, Water Treatment Process (WTP) serta meninjau lapangan untuk melihat langsung proses pembuatan CPO dari kelapa sawit.

Video:Fieldtrip prodi teknik kimia UNIMUDA Sorong 2020 ke perusahaan sawit PT.HIP