OPINI MAHASISWA: Geothermal Sebagai Energi Baru Terbarukan

OPINI MAHASISWA: Geothermal Sebagai Energi Baru Terbarukan

1. Mahasiswa: Muthmainnah Ely

Indonesia termasuk negara yang ketergantungan akan energy fosil di kehidupan sehari-harinya. Seperti yang kita ketahui, energi fosil termasuk energi tak terbarukan dan dapat habis suatu saat nanti. Lalu, bagaimana caranya agar kita dapat melakukan pekerjaan sehari-hari meski energi tersebut telah habis? Tentunya, kita harus mengurangi atau bahkan mengakhiri ketergantungan terhadap energi tersebut dengan memanfaatkan energi alternatif yang telah disediakan oleh alam. Kenyataannya, Indonesia memiliki banyak sekali energi alternatif, seperti energi tenaga angin, air, panas matahari, biomass, dan panas bumi. Saat ini, energi alternatif yang menjadi perbincangan hangat yaitu, panas bumi.

Apa itu panas bumi? Energi panas bumi (geothermal) adalah energi alternatif yang terdapat dan terbentuk di dalam kerak bumi dengan suhu di pusat bumi diperkirakan mencapai 5400`C serta ramah lingkungan yang tentunya tidak menimbulkan banyak polusi untuk bumi. Di Indonesia, cadangan energi alternatif ini mencapai 40% dan menjadi yang terbesar di dunia. Energi tersebut tersebar di beberapa daerah, yaitu Sumatra, Jawa, dan Bali. Karena Indonesia memiliki cadangan geothermal terbesar, maka akan sangat cocok jika kita memanfaatkannya untuk kehidupan sehari-hari sembari mengurangi penggunaan energi fosil yang tentunya tingkat pencemarannya lebih tinggi. Energi panas bumi, dapat dimanfaatkan sebagai berikut :

1. Membuat Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP)

Sebenarnya, Indonesia telah memiliki beberapa pusat PLTP yang tersebar di beberapa daerah. Namun, pemerintah berencana untuk menambah pusat PLTP yang ada di Indonesia karena pemanfaatannya yang masih minim, sedangkan cadangan yang tersedia begitu melimpah. Cara mengubah panas bumi menjadi energy listrik, yaitu jika panas bumi berupa uap air (steam), maka uap air tersebut dapat langsung digunakan untuk menggerakkan turbin pembangkit listrik. Jika panas bumi berupa air panas, maka air panas tersebut harus diubah terlebih dahulu menjadi uap air oleh Heat Exchanger dan kemudian dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik.

2. Membuat pemandian air panas

Panas bumi yang berupa uap air maupun air panas dapat kita manfaatkan sebagai destinasi wisata pemandian air panas, karena air panas sendiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya untuk merelaksasi tubuh yang tengah lelah.

3. Membantu pengeringan hasil pertanian

Sistem pengeringan yang digunakan hampir mirip dengan PLTP, sama-sama menggunakan Heat Exchanger untuk menghasilkan uap air lalu dialirkan ke ruangan yang telah didesain khusus untuk pengeringan hasil pertanian.

Dari pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa Indonesia adalah Negara yang mempunyai cadangan geothermal terbesar di dunia dan seharusnya kita dapat memanfaatkannya dengan baik untuk masa depan yang lebih baik. Seperti, memanfaatkan geothermal untuk PLTP, hal yang penting di era 4.0 karena saat ini hampir semua barang menggunakan listrik. Semoga pemerintah dapat mengoptimalkan penggunaan panas bumi sehingga tidak terjadi eksploitasi besar-besaran nantinya. (berbagai sumber)

 

2. Mahasiswa: Samuel Nernere

Energi bumi juga dikenal dengan nama geothermal yang berasal dari bahas Yunani yaitu " GEO" artinya bumi dan "thermal" artinya panas. Jadi jika digabungkan maka GEOTHERMAL memiliki arti energi panas bumi yang dihasilkan dan disimpan dalam inti bumi. Panas bumi(GEOTHERMAL) merupakan sumber daya alam berupa air panas atau uap yang terbentuk didalam resevoir bumi melalui pemanasan air bawah permukaan oleh batuan panas. Selain itu juga panas bumi GEOTHERMAL adalah salah satu sumber energi yang relatif ramah lingkungan karena berasal dari panas dalam bumi. Air ynng dipompa ke dalam bumi oleh manusia atau sebab alami(hujan) dikumpulkan ke permukaan bumi dalam bentuk uap yang bisa digunakan untuk mengerjakan turbin-turbin untuk memproduksi listrik. Energi panas bumi juga bisa diekstrak panasnya dan bisa dikonversikan menjadi energi listrik. Dalam membangun GEOTHERMAL sendiri adapun kelebihan dan kekurangannya tersebut. Berikut adalah kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan

1. Panas bumi merupakan salah satu sumber energi paling bersih. Jauh lebih bersih dari sumber energi fosil yang menimbulkan polusi atau emuji gas rumah kaca

2. Geothermal merupakan jenis energi terbarukan yang relatif tidak akan habis. Sumber energi ini terus menerus Aktif Akibat peluluhan radioaktif mineral

3. Energi geothermal ramah lingkungan yang tidak menyebabkan pencemaran baik pencemaran udara, maupun suara,serta tidak menghasilkan emisi karbon dan tidak menghasilkan gas cairan maupun material beracun lainnya.

Kekurangan

1. Biaya modal yang tinggi pembangunan pembangkit listrik geothermal memerlukan biaya yang besar terutama pada eksploitasi dan penyebaran.

2. Pembangunan pembangkit listrik geothermal diduga dapat mempengaruhi tanah area sekitarnya.

(berbagai sumber)