15 Peluang Kerja Lulusan Teknik Kimia 2020

15 Peluang Kerja Lulusan Teknik Kimia 2020

Peluang Kerja Teknik Kimia di Indonesia masih sangat dibutuhkan mengingat kebutuhan hidup sehari-hari masih sangat diperlukan. Teknik kimia adalah ilmu teknik (rekayasa) mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna dan bernilai bisa berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi. Teknik Kimia diterapkan dalam perancangan proses-proses kimia baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar seperti pabrik perancangan dan perawatan proses kimia pada skala pabrik. Insinyur teknik kimia melakukan penelitian yang bertujuan untuk menemukan material dan teknik baru juga berhubungan dengan berbagai disiplin ilmu lain. Perkembangan teknologi semakin akan terus meningkat dan lulusan Teknik Kimia diperlukan untuk mengatasi masalah industri, serta membuat tantangan baru untuk seorang sarjana Teknik Kimia untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan demi keberlangsungan kehidupan manusia.

Peluang Pekerjaan Lulusan Teknik Kimia.

Berbagai sektor pertanian agrobisnis menjadi yang terbesar di Indonesia dan produk pertanian yang dijual mentah tanpa usaha untuk meningkatkan daya jualnya adalah salah satu penyebab pendapatan yang berasal dari bidang ini menjadi rendah. Oleh karena itu lulusan teknik kimia dapat meningkatkan nilai guna dan nilai jual tersebut sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar sehingga pendapatan negara lebih besar.

1. Peneliti

Lulusan program studi teknik kimia yang berminat pada bidang penelitian di Laboratorium berpeluang bergabung dengan lembaga penelitian kimia dan berbagai bidang teknik kimia antara lain BPPT, LIPI, asisten dosen / profesor dalam membantu penelitiannya.

2. Industri

Industri pengolahan limbah untuk pekerjaan ahli teknik kimia sangat diperlukan sekali. Lulusan Teknik Kimia dapat bekerja di PPLI atau didukung system berbagai perusahaan besar antara lain unit pengolahan limbah Minyak dan Gas.

3. Pengajar/Dosen

Para mahasiswa teknik kimia memiliki peluang untuk menjadi dosen untuk berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta serta yang ada diseluruh penjuru dunia.

4. Wirausahawan

Mempunyai kemampuan rekayasa proses dan produk industri kimia dapat menjadi pelopor dalam membangun inovasi dan kreasi dunia perindustrian di Indonesia serta mendirikan perusahaan lapangan pekerjaan dapat dijadikan pilihan teknik kimia. Selain itu lulusan jurusan Teknik Kimia dapat bekerja di Instansi Pemerintah sebagai seorang PNS.

5. PNS

6. Project Engineer

7. R&D (Research and Development)

8. Process Engineer

9. Plant Operation

10. Quality Control

11. Quality Assurance

12. Environmental, safety and health engineer

13. Customer technical sales

14. Environmental risk assessor

15. Instansi Pemerintah

(Sumber:berbagai sumber)